AS Miliki Peran Penting di Krisis Ukraina

Direktur Forum on Islamic World Studies (FIWS) Farid Wadji menegaskan Amerika Serikat (AS) memang memiliki peranan penting dalam krisis antara Rusia versus Ukraina.  “Amerika Serikat jelas memainkan peranan penting dalam krisis Ukraina,” ujarnya kepada Mediaumat.id, Sabtu (5/2/2022).

Peranan AS terkait krisis Ukraina dimaksud di antaranya kepentingan menjaga serta mempertahankan eksistensinya di Eropa melalui NATO. “Krisis di Ukraina ini akan terus digoreng oleh AS untuk mempertahankan eksistensi NATO dalam menghadapi apa yang disebut dengan ancaman Rusia,” terangnya.

Hal itu, menurut Farid, sama seperti ketika AS bermain di konflik Balkan. Sebenarnya Amerika dan NATO bisa menghentikan kejahatan rezim Serbia yang melakukan pembunuhan dan pembantaian terhadap Muslim di Bosnia-Herzegovina. Namun, AS dan NATO cenderung membiarkannya hanya agar memiliki alasan untuk tetap berada di Eropa berkenaan dengan penyelesaian konflik-konflik di kawasan kala itu. “Inilah kepentingan utama Amerika di dalam krisis Ukraina ini,” tegasnya sekali lagi.

Persoalan apakah akan terjadi konflik besar di Ukraina atau apakah Rusia akan masuk menyerang negara terluas di Eropa tersebut, Farid mengatakan, hal itu sesuatu yang masih sangat diragukan. Pasalnya, serangan ke Ukraina dalam pengertian mencaplok, menurut Farid, akan menyedot banyak energi Rusia. “Kalau ini dilakukan oleh Rusia, maka negara itu bisa akan kembali terjebak sebagaimana apa yang dialami oleh Soviet dulu di lubang Afganistan,” tandasnya.

Karena itu, kata Farid, adalah suatu kebodohan kalau Rusia sampai mengerahkan pasukannya untuk mencaplok Ukraina. Mungkin saja akan terjadi perang-perang kecil, tetapi menurut Farid, itu sebatas pergesekan pasukan-pasukan kecil dan bukan dalam bentuk serangan masif yang bisa dipastikan membutuhkan energi besar. “Amerika serta Eropa kemungkinan besar tidak menginginkan hal itu terjadi,” pungkasnya.

 

 

0 Comments

Leave a Comment

two + 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password