Pengantar [Ramadhan Bulan al-Qur’an]

Assalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

Pembaca yang budiman, Ramadhan kembali menyapa. Selain bulan puasa, Ramadhan sesungguhnya ‘Bulan al-Quran’. Pasalnya, pada bulan inilah al-Quran diturunkan. Pada bulan ini pula al-Quran banyak dibaca oleh kaum Muslim.

Al-Quran tentu bukan sekadar bacaan. Al-Quran adalah petunjuk dan pedoman hidup. Namun sayang, kita menyaksikan banyak manusia menjalani hidup tanpa petunjuk. Tanpa pedoman. Termasuk kaum Muslim di negeri ini. Akibatnya, mereka hidup tanpa arah yang jelas. Mau kemana? Untuk apa?

Akhirnya, mereka tersesat. Saat tersesat, mereka tentu bingung. Saat bingung, mereka pasti gelisah. Tak bahagia. Saat tak bahagia, hilang sudah makna hidup. Harta mungkin berlimpah. Anak mungkin banyak. Jabatan tinggi. Prestasi dan prestise menjulang. Kekayaan negeri mereka pun berlimpah-ruah. Namun, hidup terasa hampa. Merasa tak berguna. Saat demikian yang terjadi, yakinlah bahwa mereka pasti jauh dari petunjuk al-Quran.

Padahal jelas Allah SWT telah berfirman (yang artinya): Sungguh al-Quran ini memberikan petunjuk ke jalan yang lebih lurus… (TQS al-Isra’ [17]: 9).

Jika kita kembali pada petunjuk al-Quran, niscaya kita akan mendapatkan solusi atas semua problem yang kita hadapi dalam kehidupan ini. Pasalnya, al-Quran telah memberikan penjelasan atas segala sesuatu (QS an-Nahl [16]: 89).

Kembali pada petunjuk al-Quran mengharuskan kita untuk mengambil dan melaksanakan hukum-hukum al-Quran. Baik dalam urusan akidah, ibadah, makanan, minuman, pakaian dan akhlak. Dalam urusan pernikahan dan keluarga. Ataupun dalam urusan ekonomi, politik dalam dan luar negeri, kekuasaan, pemerintahan, pidana dan sanksi. Semua hukum itu sama-sama merupakan hukum Allah SWT. Juga sama-sama termaktub di dalam al-Quran.

Perwujudan atas semua itu akan sempurna melalui penerapan syariah Islam secara kaffah. Hanya dengan begitu keberkahan akan dilimpahkan kepada bangsa ini, termasuk kita di dalamnya. Allah SWT berfirman (yang artinya): Jika penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi… (TQS al-A’raf [7]: 96).

Karena itu pada momentum Rmadhan ini, sudah sepatutnya semua komponen umat Islam untuk segera menerapkan al-Quran dalam seluruh aspek kehidupan.

Seputar itulah tema utama al-waie kali ini. Selamat membaca!

Wassalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

10 − 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password