Pengantar [Khilafah Bangkit Kembali, Pasti]

Assalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

Pembaca yang budiman, 3 Maret 1924, lebih dari kurang lebih 96 tahun lalu, Kekhilafahan Islam terakhir, yakni Khilafah Turki Utsmani, resmi dibubarkan. Aktornya, Mustafa Kemal Attaturk. Tentu didukung penuh oleh tuannya, Inggris. Sejak itu, berakhirlah era Khilafah pertama yang berlangsung lebih dari 14 abad. Terhitung sejak era Khulafaur Rasyidin, Khilafah Umayah, Khilafah Abasiyah hingga yang terakhir Khilafah Utsmaniyah.

Praktis, sejak keruntuhan Khilafah Utsmaniyah pula, Dunia Islam makin terpuruk. Tertindas. Terjajah. Kalah di semua lini. Menjadi ‘santapan lezat’ negara-negara Barat imperialis: Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, Portugal, Belgia, Belanda, Rusia, dll. Terakhir, Amerika Serikat, yang nyaris tanpa pesaing, terus mencengkeram Dunia Islam.

Namun demikian, belum sampai 100 tahun, tanda-tanda kebangkitan kembali Khilafah untuk yang kedua kalinya sesungguhnya telah tampak. Geliatnya makin kuat. Kebangkitannya kembali tinggal menunggu waktu. Hal itu antara lain ditandai oleh kesadaran umat yang terus meningkat. Kesadaran untuk bersatu. Keadaran untuk maju. Kesadaran untuk melepaskan diri dari aneka penjajahan: pemikiran, ekonomi, politik, pendidikan, dll. Kesadaran untuk menyelamatkan saudara-saudara mereka—umat Islam di Palestina, Rohingnya, Kashmir, Suriah, Irak, Xinjiang, dll—dari berbagai penindasan bangsa-bangsa kafir. Dari waktu ke waktu, kesadaran itu makin menguat. Puncaknya adalah kesadaran mereka tentang kebutuhan umat Islam terhadap Khilafah ’ala minhaj an-nubuwwaah. Institusi pelaksana syariah. Sekaligus tameng/perisai/pelindung umat Islam di seluruh dunia.

Tentu kesadaran umat bahwa dunia butuh Khilafah amatlah penting. Itu berarti, umat sudah mulai berpikir ke arah yang lebih politis, strategis, sekaligus praktis. Pasalnya, selama ini kesadaran mereka masih terlampau umum dan tidak kongkret. Misal: “Mari Kita Kembali kepada al-Quran”, “Mari Kita Berjuang Menuju Kejayaan Islam”, “Mari Kita Bersatu”, dll. Tanpa pernah tergambar bagaimana implementasinya. Bagaimana metode dan teknisnya.

Alhamdulillah, saat ini era itu sudah terlewati. Kini mayoritas umat sepakat: Khilafah wajib. Umat Islam sedunia wajib dipimpin disatukan di bawah seorang khalifah. Khilafah diperlukan untuk menegakkan syariah Islam secara kaffah. Khilafah dibutuhkan untuk melindungi kaum Muslim sedunia dari penjajahan dan penindasan kaum imperialis.

Itulah tema utama al-waie kali ini, selain sejumlah tema menarik lainnya. Selamat membaca!

Wassalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

 

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

16 − 9 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password