Pengantar [Kebangkrutan Kapitalisme GLobal]

Assalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

Pembaca yang budiman, Pandemi Covid-19 yang terjadi di dunia menyebabkan perekonomian global tertekan dan menimbulkan krisis. Tidak hanya krisis ekonomi, tetapi juga krisis kepercayaan dan sosial. Bahkan hampir semua negara di dunia terkena imbasnya, baik tekanan krisis terhadap pertumbuhan ekonomi maupun krisis lainnya. Bahkan krisis akibat Covid-19 ini disebut lebih berat dibandingkan dengan yang pernah terjadi sebelumnya.

Krisis 2020 terjadi di 200 negara yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi global diperkirakan mengalami resesi di angka negatif. Negara-negara di dunia mayoritas mengalami resesi atau perlambatan ekonomi bahkan tidak sedikit berimbas pada krisis sosial dan politik. Termasuk Amerika Serikat (AS) sebagai negara yang memiliki sistem pertahanan ekonomi yang kuat dan mempunyai perangkat ekonomi yang sangat lengkap. Pandemi ini memperlihatkan ketidakmampuan imunitas ekonomi AS dalam mencegah dan mengantisipasi dampak terhadap ekonominya. Termasuk juga negara pesaingnya, dalam ekonomi dan perdagangan global, yaitu Cina.

IMF (2020) memprediksi pertumbuhan ekonomi dunia sebesar minus 3%. Lembaga ini juga menyebutkan bahwa pandemi ini membuat biaya yang dikeluarkan masyarakat menjadi lebih tinggi. Termasuk pembiayaan ekonomi.

Sebelumnya, Perang dagang antara AS dan Cina menyebabkan pertumbuhan ekonomi global terjadi kontraksi kian mendalam. Menimbulkan pelambatan ekonomi dunia tumbuh semakin kuat.

Sebelum pandemi, akibat perang dagang saja sudah berkonstribusi menekan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) global sebesar 0,8% pada 2020 menjadi kisaran 3%. Setelah pandemi menjadi kisaran minus 3%. Artinya, konstribusi perang dagang dalam memperlambat pertumbuhan ekonomi sangat besar, ditambah dengan pandemi. Jauh lebih parah kedalaman pertumbuhan ekonomi global yang terkontraksi.

Secara tegas pandemi ini terus membuka kedok kebangkrutan model ekonomi negara-negara kapitalis global. Tidak sedikit para ekonom telah memperingatkan kemungkinan besar akan terjadi keruntuhan ekonomi Kapitalisme global. Salah satu pemicu paling tinggi adalah wabah pandemi tersebut.

Itulah tema utama Al-Waie edisi kali ini. Simak juga sejumlah tema menarik lainnya. Selamat membaca!

Wassalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

 

 

0 Comments

Leave a Comment

one × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password