RUU Keamanan Prancis Bertentangan dengan Prinsip Kebebasan

Prancis, sebagai negara yang menjunjung prinsip kebebasan, justru mengeluarkan RUU Keamanan yang bertentangan dengan prinsip tersebut. “RUU Keamanan ini bertujuan untuk melindungi polisi dalam menjalankan tugasnya. Pastinya akan berbenturan bila dihadap-hadapkan dengan prinsip kebebasan yang selama ini dianut oleh Prancis,” ujar Pengamat Politik Internasional Budi Mulyana kepada Mediaumat.news, Selasa (1/12/2020).

Padahal, menurut Budi, prinsip kebebasan sendiri sudah tidak jelas. “Prinsip kebebasan ini memang absurd, karena tidak memiliki standar, sesuai dengan namanya itu sendiri ‘kebebasan’. Namun, dalam tatanan kenegaraan, pastinya dalam ranah public, mesti ada pengaturan. Di situlah pastinya akan selalu berbenturan antara prinsip kebebasan dengan menjaga kepentingan umum,” bebernya.

Memang, menurut Budi, demokrasi salah satunya dislogankan dengan prinsip kebebasan. Para penganut demokrasi akan senantiasa memperjuangkan prinsip ini. Namun, hal ini akan berbenturan dengan menjaga kepentingan umum sehingga bisa berakibat pada matinya demokrasi.

“Jadi pasti ada reduksi dari nilai-nilai demokrasi ini. Inilah relevansinya dengan How Democracy Dies,” ungkapnya.

Menurut Budi, solusi permasalahan ini adalah dengan mencari way of life yang tidak absurd seperti demokrasi.

“Tentu harus dicari way of life yang tidak absurd seperti demokrasi. Sudah banyak kritik terhadap demokrasi. Sudah banyak alternatif sistem lain yang ditawarkan. Kalau tetap bertahan dengan sistem ini, maka kesalahan-kesalahan yang sama akan berulang muncul,” pungkasnya.

 

 

0 Comments

Leave a Comment

14 + eight =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password