Pengantar [Cara Khilafah Mengatasi Wabah]

Assalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

Pembaca yang budiman, hingga saat ini wabah pandemik Corona (Covid-19) masih terus berlangsung. Masih belum terbendung. Ratusan ribu orang telah mati. Jutaan orang terinfeksi. Jutaan bahkan mungkin puluhan jutaan lainnya masih terancam virus yang mematikan ini. Pasalnya, hingga saat ini belum ada obat untuk penyakit ini. Juga belum ditemukan vaksin anti virus ini.

Wabah ini benar-benar menyingkap segala yang tersembunyi. Di antaranya menyingkap kegagapan negara-negara maju, khususnya AS, sebagai gembong Kapitalisme global, dalam menghadapi wabah pandemik Corona. Memang, AS belum dikatakan gagal mengatasi wabah ini. Namun, setidaknya AS gagal mengantisipasi. Akibatnya, AS gagal mengurangi secara signifikan jumlah korban. Bahkan saat ini AS menjadi negara dengan korban terbanyak wabah pandemik Corona. Baik yang meninggal maupun yang positif terinfeksi. Terakhir, tak kurang 4000 orang mati perhari di negeri Paman Sam itu.

Selain itu, wabah ini pun berefek besar terhadap ekonomi global. Banyak pengamat menilai,  dunia bisa terjatuh kembali ke dalam jurang krisis yang dalam. Bahkan dalam kadar yang jauh lebih dahsyat dibandingkan dengan krisis-krisis yang pernah terjadi sebelumnya. Setidaknya hal itu dikatakan oleh mantan Menlu AS, Henry Kissinger.

Pertanyaannya: Sampai kapan wabah pandemik Corona ini akan berakhir? Mampukah dunia, khususnya negara-negara maju, mengatasi wabah Corona? Akankah dunia kembali bangkit pasca Corona? Mampukah Kapitalisme global kembali berjaya? Sanggupkan negara-negara kapitalis besar, khsuusnya AS, tetap memimpin dunia pasca Corona? Ataukah Kapitalisme global bakal ambruk? Jika ambruk, adakah itu pertanda makin besarnya peluang Dunia Islam untuk menggantikan posisi negara-negara Barat saat ini? Akankah Islam kembali memimpin dunia? Akankah Khilafah—sebagaimana diprediksi—lahir kembali untuk menggantikan posisi AS dan negara-negara besar lainnya?

Pertanyaan penting yang juga layak diajukan: Bagaimana cara Islam mengatasi wabah pandemik global semacam Corona ini? Bagaimana Khilafah memerankan tugas dan fungsinya di tengah-tengah wabah?

Itulah di antara pertanyaan yang coba dijawab dalam Al-Waie edisi kali ini. Simak juga sejumlah tema menarik lainnya. Selamat membaca!

Wassalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

 

 

0 Comments

Leave a Comment

seventeen − six =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password