Cina Saat Ini Bukanlah Ancaman Langsung AS

Pengamat Politik Internasional Umar Syarifudin menegaskan Cina saat ini bukanlah ancaman langsung bagi Amerika. “Cina saat ini bukanlah ancaman langsung bagi Amerika,” tuturnya kepada mediaumat.id, Sabtu (13/8/2022).

Ia menambahkan, tetapi Amerika Serikat (AS) tidak dapat menoleransi kebangkitan negara yang mungkin menjadi ancaman bagi Amerika di masa depan. “Oleh karena itu AS berkomitmen penuh saat ini untuk menahan kebangkitan Cina,” ujarnya.

AS, lanjutnya, menggunakan berbagai tipudaya politik untuk menipu Cina agar sibuk dengan urusan internal dan regionalnya agar selaras mengikuti kebijakannya. “Realitas ini membuat Cina terlalu fokus pada wilayah regional dan tidak memiliki ambisi untuk lebih dari itu,” imbuhnya.

Menurut Umar, hal ini akan berubah jika Cina mengubah ambisi regionalnya menuju ambisi global. “Tanpa adanya perubahan ambisi, Cina tidak akan menjadi kekuatan global,” ungkapnya.

Dengan pandangan regional yang sempit, jelas Umar, Cina tidak akan mampu menandingi AS. “Apa yang dilakukan Cina di Afrika sebenarnya tidak untuk menantang AS, tetapi sekadar usaha mendapatkan akses kepada energi minyak, yang membuat Cina akan semakin bergantung padanya,” pungkasnya. []

 

0 Comments

Leave a Comment

eleven + sixteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password